KENALAN SAMA JENIS-JENIS RETINOL YANG BIKIN KULIT AWET MUDA, YUK!

Siapa yang nggak kenal sama retinol? Turunan dari vitamin A yang terkenal banget bisa atasi tanda penuaan dini di kulit seperti kerutan, dark spots, garis halus sampai kulit kusam. Retinol dipakai di malam hari, karena bersifat photolabile yang sensitif sama cahaya. Retinol bekerja maksimal di kulit saat keadaan gelap dan membantu regenerasi kulit ketika kamu tidur di malam hari. Termasuk dalam golongan bahan aktif yang sensitivitasnya tinggi, kamu harus paham dan kenal lebih jauh dulu nih sama setiap jenisnya. Yuk cari tau jenis-jenis retinol yang biasa dipakai dalam anti aging skincare!

Retinol-Easters

Merupakan jenis retinoids yang paling gentle di kulit. Retinol-easters disebut dapat dipakai oleh semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. Walaupun tingkat sensitivitasnya rendah, namun manfaat dari retinol untuk atasi tanda penuaan juga tetap terasa di kulit walau untuk waktu yang lebih lama dari retinol jenis lainnya yang lebih kuat. Retinol-Easters juga memiliki beberapa nama lain, diantaranya: Retinyl Proprionate, Retinyl palmitate, Retinyl Aspartamate, Retinyl Acetate & Retinyl Linoliate.


Retinol

Merupakan jenis yang lebih kuat dari Retinol-Easters. Memiliki tingkat sensitivitas yang lebih kuat namun masih bisa dipakai oleh semua jenis kulit dengan berbagai aturan pakai. Biasanya pemakaian retinoids jenis ini dipakai selang seling sebelum rutin dipakai setiap hari. Karena kandungannya lumayan harsh yang memungkinkan terjadinya iritasi di kulit sensitif. Nama lain dari jenis retinoids ini antara lain: Retinol, Encapsulated Retinol, Plant-derived Retinol.


Retinaldehyde

Retinaldehyde yang juga memiliki nama lain Retinal ini memiliki efektifitas yang lebih baik dibandingkan dengan kedua jenis sebelumnya. Retinaldehyde dapat menghilangkan tanda penuaan dengan waktu yang cepat karena konsentrasi bahan aktifnya kuat. Kekurangan dari retinoids jenis ini adalah tingkat sensitivitas yang tinggi, menyebabkan iritasi pada sebagian orang. Jika kamu memiliki kulit sensitif, ada baiknya hindari pemakaian retinol jenis ini, ya!


Retinoic Acid

Salah satu jenis retinoids yang paling kuat di antara jenis lainnya. Memiliki nama lain Tretinoin yang pemakaiannya harus dengan resep dan pantauan dari dokter. Jadi kamu nggak bisa mendapatkan skincare dengan bahan Retinoic Acid ini di drugstore ya, karena tidak diperjualkan dengan bebas di pasaran. Sesuai dengan resikonya, Retinoic Acid termasuk dalam kandungan Retinoids yang efektifitasnya sangat baik di kulit. Bisa dipakai untuk mengatasi tanda penuaan di kulit yang memang sudah menua seperti kulit saat memasuki usia 40an.


Buat kamu yang ingin coba pakai skincare dengan kandungan Retinol, kamu bisa coba pakai dari yang paling gentle di kulit. Seperti Age Defying Serum dari ACESKIN! Age Defying Serum mengandung Retinyl Palmitate yang termasuk dalam jenis Retinol-Easters yang paling gentle di kulit. 


Selain mengandung Retinyl Palmitate, Age Defying Serum juga mengandung Galactomyces Ferment Filtrate dan Tocopherol (vitamin E) yang kandungannya tepat guna untuk bantu atasi penuaan dini dan menutrisi kulit. Age Defying Serum aman digunakan oleh semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. Lalu aman juga untuk dipakai setiap hari untuk jangka waktu yang panjang. Kalau kamu pakai skincare dengan kandungan retinol, kamu wajib pakai sunscreen di esok paginya, ya! Karena kulitmu akan lebih sensitif terhadap cahaya.


Jadi jenis retinol mana yang kamu pilih buat dipakai di skincare regimen kamu, Acefriends? 


Dapatkan produk ACESKIN di seluruh ecommerce official ACESKIN! Seperti Shopee, Tokopedia, TikTok Shop dan website www.aceskin.co.id