Mari Berkenalan dengan Manfaat Centella Asiatica

Centella asiatica hadir sebagai tren baru di dalam dunia skincare pada beberapa tahun belakangan ini. Nyatanya, centella asiatica memang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan kulit. Oleh sebab itu nggak heran produk skincare yang mengandung bahan ini pun menjadi primadona di industri kecantikan. Tentu kamu nggak mau ketinggalan info mengenai manfaat dari centella asiatica, kan? Nah simak penjelasannya!


Apa itu Centella Asiatica?

Centella asiatica punya berbagai nama di dunia. Jika di negara lain ia lebih dikenal dengan Gotu Kola, brahmi, pegagan Indian atau pegagan Asiatic, nah di Indonesia sendiri centella asiatica lebih dikenal dengan nama daun pegagan. 


Daun pegagan ini merupakan tanaman liar yang umumnya berbentuk seperti ginjal dengan tepian bergerigi dengan cabang batang yang banyak dan memiliki bunga yang berwarna putih maupun merah serta buah kecil-kecil yang juga berbau harum. Centella asiatica ini tumbuh di daerah tropis, seperti Indonesia. Yang dimana penyebaran darahnya juga luas, ia bisa tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah. 


Oh iya, ternyata Centella asiatica itu sudah dipakai sejak dahulu, lho. Karena Centella asiatica mudah dicerna oleh tubuh dan tingkat toksisitasnya rendah. Nggak heran deh kalau ia kerap dipilih sebagai obat tradisional. 


Manfaat Centella Asiatica

Dilansir dari Wolipop yang mengutip dari Health, menurut Mona Gohara, MD, seorang profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine, konsentrasi tinggi asam amino, beta-karoten, dan asam lemak dalam centella asiatica inilah yang menjadikan tumbuhan ini sangat bermanfaat. Inilah beberapa manfaat dari centella asiatica yang bisa kamu ketahui: 

  • Mengurangi Peradangan Kulit

Kulit kamu mengalami kemerahan? Wah, bisa jadi kulit kamu sedang meradang. Masalah kulit satu ini ini memang masalah kulit yang paling umum dirasakan, seperti psoriasis dan dermatitis. Nah ekstrak yang kemudian dijadikan cairan dari Centella asiatica ini mampu mengurangi peradangan pada kulit.

  •  Menjaga Kelembaban Kulit

Ekstrak centella asiatica sendiri juga dapat meningkatkan kadar sebum atau minyak alami yang ada pada kulit, dengan pemakaian produk yang mengandung centella asiatica ini kelembaban dan elastisitas kulit kamu dapat terjaga. 

  • Mempercepat Penyembuhan Luka pada Kulit

Kandungan terpenoid yang terdapat dalam centella asiatica terbukti mampu mempercepat penyembuhan luka. Nggak hanya itu, girls! Centella asiatica bahkan bisa digunakan pada luka bakar juga, lho! Zat aktif pada Centella asiatica dapat meningkatkan produksi kolagen, serta mendukung pembentukan pembuluh darah dan sel kulit baru.

  • Mencegah dan Mengurangi Kerusakan Kulit

Centella Asiatica memiliki kandungan antioksidan seperti flavonoid dan phenolic acid. Nah antioksidan tersebut dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. 

  • Mengurangi Selulit dan Mencegah Stretch Marks

Permasalahan kulit selulit dan stretch marks yang kerap ditemukan di daerah paha, perut, bokong, dan juga sekitar lengan atas ini kerap dialami oleh wanita, terutama pada hamil, pasca melahirkan, ataupun saat perubahan berat badan yang drastis. 


Gabungan antara ekstrak centella asiatica dengan methylxanthine inilah dapat membantu melancarkan metabolisme pada sel-sel di jaringan ikat yang terbentuk. Nah efeknya yang akan terjadi adalah lemak yang terbentuk dapat terurai.  


Produk ACESKIN dengan Kandungan Centella Asiatica

Jika kamu ingin merasakan manfaat Centella Asiatica, yuk pakai ACE Genius Night Face Cream dari ACESKIN! Produk skincare ini mengandung bahan aktif galactomyces, tranexamic acid, centella asiatica dan retinol. Nah untuk pemakaiannya, ACE night face cream digunakan pada malam hari setelah menggunakan serum. Gunakan cream secara merata pada wajah dan leher, ya! ---


Dapatkan ACE Genius Night Face Cream di official website ACESKIN atau official store “Ace Skin Official” di marketplace Tokopedia dan Shopee!