BERAPA KADAR PH YANG BAIK UNTUK KULIT?

Hai Acefriends! Kamu yang suka beli skincare pasti udah nggak asing lagi sama yang namanya kadar pH atau tingkat asam-basa pada sebuah produk. Nah, kenapa tingkat asam-basa pada sebuah produk berpengaruh dengan kesehatan kulit? Lalu bagaimana kita mengetahui kadar pH yang baik pada sebuah produk? Yuk kita bahas bersama!

APA ITU KADAR PH?

Derajat keasaman suatu larutan disebut sebagai pH (Power of Hydrogen). pH berguna untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh larutan. Dalam skincare pH digunakan untuk mengukur tingkat keasaman pada suatu produk.


Kadar pH dibagi menjadi tiga: asam, netral & basa. Di mana kadar pH 7,0 bersifat netral, pH 7,0 kebawah bersifat asam dan kadar pH 7,0 keatas bersifat basa. Jadi semakin asam sebuah larutan maka pH akan semakin rendah dan semakin basa sebuah larutan maka pH akan semakin tinggi.


BAGAIMANA MENGETAHUI KADAR PH PADA SEBUAH PRODUK?

Setelah mengetahui ukuran kadar pH beserta sifatnya (asam, netral & basa) maka selanjutnya adalah bagaimana mengetahui kadar pH pada produk skincare yang kamu gunakan sehari-hari? Caranya adalah dengan menggunakan kertas lakmus atau kamu bisa membeli universal test paper yang bisa dibeli di ecommerce.


Pengujiannya cukup mudah, Acefriends! Kamu tinggal mengoleskan atau mengaplikasikan produk yang mau kamu uji ke kertas khusus tersebut. Lalu warna kertas akan langsung berubah sesuai dengan tingkat keasamannya. 


Kamu bisa langsung ukur dengan mencocokkan warna hasilnya menyerupai dengan warna pada tabel pH. Semakin terang warnanya, maka produk tersebut memiliki kadar pH rendah atau asam. Jika warna semakin gelap, maka produk memiliki kadar pH tinggi atau basa.


Satuan kadar pH pada tabel terdiri dari angka 1,0 sampai 14,0 dengan angka 1,0 memiliki warna yang paling terang dan angka 14,0 memiliki warna paling gelap.


KADAR PH YANG BAIK UNTUK PEMAKAIAN PADA KULIT

Kadar pH pada kulit normal adalah pH 5,5. Namun kadar pH pda kulit bisa berubah seiring dengan aktifitas sehari-hari. Karena adanya perubahan minyak dan juga keringat pada kulitmu. Biasanya pH kulit akan berubah menjadi lebih tinggi atau semakin basa.


Kulit wajah yang memiliki kadar pH terlalu asam biasanya kulit akan mengalami kemerahan dan rentan muncul jerawat. Sedangkan kulit yang memiliki kadar pH terlalu basa akan mengalami kulit kering bahkan mengelupas.


Maka dari itu penting untuk menjaga keseimbangan pH kulit dengan memakai produk skincare yang tepat seperti memakai Ace Genius Cleanser yang memiliki pH balance yaitu 6,5 - 7,0 yang dapat mengembalikan keseimbangan kulitmu setelah mencuci wajah.


Lalu kamu bisa pakai Hydrating & Clarifying Toner yang low pH. Membantu menurunkan pH kulit agar lebih siap untuk menerima bahan aktif lain sebelum lanjut menggunakan skincare lainnya seperti serum atau pelembab.


Kamu bisa dapatkan produk ACESKIN di official store Shopee, Tokopedia, TikTok Shop dan juga website www.aceskin.co.id